Sun. Aug 7th, 2022

Crowdfunding adalah sebuah metode untuk meningkatkan modal melalui usaha kolektif yang berasal dari teman, keluarga, pelanggan, serta investor. Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif sejumlah individu melalui basis internet dalam jaringan platform atau media sosial crowdfunding, sebagai alat jangakauan yang lebih besar.

Terdapat 3 jenis crowdfunding OJK yang dapat Anda gunakan pada model bisnis Anda, antara lain:

1. Crowdfunding Donasi

Crowdfunding ini akan lebih fokus pada bantuan kemanusiaan seperti bantuan bencana alam, beasiswa pendidikan, amal, serta nirlaba. Karenanya para investor tidak dapat menuntut pengembalian atau mengharapkan keuntungan atas dana yang sudah dihibahkan.

2. Crowdfunding Hadiah

Jenis crowdfunding ini akan melibatkan para investor dan direalisasikan dalam bentuk hadiah. Meskipun demikian, para investor tetap tidak bisa berharap mendapat pengembalian dana atau keuntungan dari bisnis tersebut.

3. Crowdfunding Ekuitas

Berbeda dengan kedua jenis crowdfunding di atas, dalam equity crowdfunding atau urun dana para investor memiliki hak sepenuhnya sebagai pemegang perusahaan, mereka juga memiliki hak atas saham ekuitas, serta hak dalam pembagian keuntungan.

Kelebihan Crowdfunding

Selain akses kemudahan dalam memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar, Crowdfunding juga mempunyai sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti:

1. Jangkauan yang lebih luas

Platform crowdfunding ini mempermudah pencarian terhadap orang-orang yang tertarik melakukan pengembangan dana di seluruh penjuru daerah. Selain itu, crowdfunding juga dapat mempermudah interaksi serta berbagi kampanye penggalangan dana satu dengan yang lain.

2. Kesempatan untuk melakukan pengenalan bisnis

Crowdfunding memungkinan Anda untuk mengenalkan bisnis atau kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan menyampaikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dirintis. Seperti contoh, daya tarik, penawaran, pasar yang dituju hingga nilai perusahaan tersebut.

Hal tersebut dilakukan agar para calon pemberi dana mengetahui lebih jauh mengenai usaha ataupun bisnis tersebut beserta langkah perkembangannya.

3. Melakukan pemasaran

Anda dapat mulai melakukan pemasaran dari penggalangan dana tersebut lewat berbagai macam channel seperti media sosial, email hingga strategi pemasaran lainnya. Hal tersebut berguna agar penggalangan yang Anda lakukan melalui platform crowdfunding tersebut dapat terealisasi dengan waktu lebih cepat.

4. Validasi konsep

Melakukan pengenalan konsep dari usaha ataupun bisnis seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas adalah hal terbaik yang perlu Anda lakukan. Oleh sebab itu, agar calon pemberi dana tertarik menanamkan modalnya untuk bisnis Anda, Anda dapat melakukan pendekatan yang lebih matang untuk meyakinkan mereka agar mau mengembangkan bisnis yang dijalani.

Crowdfunding Indonesia memang memiliki banyak manfaat, selain untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowdfunding juga menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengembangkan dananya melalui bantuan yang diberikan kepada usaha maupun bisnis yang memerlukan dana tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai crowdfunding, jenis-jenisnya, beserta manfaat yang akan Anda dapatkan apabila dijalankan. Semoga bermanfaat!