Sun. Aug 7th, 2022

 

Brown sugar atau gula coklat merupakan salah satu jenis gula yang banyak digunakan untuk campuran makanan dan minuman. Warnanya yang cukup pekat membuat brown sugar sering tertukar dengan jenis gula yang lain yaitu gula aren dan gula jawa.

Jenis gula tersebt memiliki warna yang cukup mirip namun memiliki cita rasa dan kandungan nutrisi yang cukup berbeda. Selain itu, cara penggunaan gula-gula tersebut juga cukup berbeda. Berikut ini adalah perbedaan dari gula coklat atau brown sugar, gula aren dan gula jawa yang perlu diketahui.

Perbedaan Brown Sugar, Gula Jawa dan Gula Aren

  • Brown Sugar

Brown sugar merupakan salah satu jenis gula yang berwarna coklat. Gula ini terbuat dari campuran gula tebu dan molase.

Kandungan molase inilah yang membedakan brown sugar dengan jenis gula yang lainnya. Pencampuran molase membuat gula tebu menjadi berwarna lebih pekat dan meningkatkan kandungan nutrisi pada brown sugar.

Brown sugar sering digunakan sebagai pemanis pada minuman. Aroma dan rasanya yang khas membuat gula ini biasanya digunakan sebagai pembuat caramel. Caramel banyak digunakan untuk minuman seperti kopi, boba dan juga digunakan untuk makanan seperti roti.

  • Gula Aren

Gula aren juga sering dikira sebagai brown sugar. Padahal gula aren berbeda dengan gula coklat. Gula aren terbuat dari nira pohon aren.

Gula aren sering disebut dengan palm sugar. Tak berbeda dengan gula coklat, gula aren juga banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk kopi dan aneka minuman lainnya.

Gula aren biasanya dicetak menjadi bentuk bulat atau silinder. Gula ini juga sering digunakan untuk pemanis pada kue-kue tradisional.

  • Gula Jawa

Gula aren dan gula jawa sering kali dikira gula yang sama. Padahal, gula jawa terbuat dari sari pohon kelapa. Gula ini juga biasanya dicetak menjadi bentuk bulat dan silinder.

Warna dari gula Jawa cenderung lebih pekat dibandingkan dnegan gula aren. Namun, aroma yang dihasilkan gula jawa tidak sepekat gula aren. Gula jawa biasanya digunakan sebagai pemanis pada masakan.